Beranda Kesehatan Beberapa Cara Mudah Dan Efektif Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa Cara Mudah Dan Efektif Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

39
0
Ilustrasi Cek Gula Darah

Kemungkinannya kamu adalah salah satu orang yang memiliki kadar gula tinggi saja dan merasa kesulitan untuk menurunkannya. Kemungkinannya kamu telah melakukan berbagai cara untuk menurunkan kadar gula darah seperti mengkonsumsi obat, menghindari makanan tertentu, berolahraga, dan yang lainnya. Tetapi jika semua cara yang telah dilakukan tersebut tidak membuahkan hasil, kemungkinannya ada yang salah ketika melakukannya. Lalu adakah cara menurunkan gula darah yang mudah dilakukan tetapi efektif?

Pastinya ada, berikut dibawah ini beberapa cara mudah dan efektif untuk menurunkan kadar gula darah diantaranya yaitu :

1. Dengan Berolahraga Secara Teratur
Dengan berolahraga secara teratur ternyata dapat menurunkan kadar gula darah, pasalnya melakukan olahraga ini dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu juga dengan melakukan olahraga ini akan dapat membantu otot kamu untuk menggunakan gula darah sebagai sumber energi untuk bergerak atau konstraksi. Adanya beberapa olahraga yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan kadar gula darah seperti mengangkat beban, jalan cepat, berlari, bersepeda, berenang, dan yang lainnya.

2. Dengan Mengontrol Asupan Karbohidrat
Karbohidrat sangat penting untuk tubuh, karena kandungan tersebut berfungsi sebagai sumber utama penghasil energi. Nantinya karbohidrat tersebut akan dipecah oleh tubuh menjadi gula sederhana atau sebagian besar glukosa, lalu insulin akan bekerja dengan memindahkan gula dari darah kedalam sel untuk dijadikan sebagai energi. Tetapi pastikan tidak mengkonsumsi
karbohidrat ini secara berlebihan, pasalnya dapat membebani kerja insulin yang pada akhirnya dapat menggangu fungsinya sehingga menyebabkan kadar glukosa darah dalam tubuh meningkat.

3. Dengan Memperbanyak Asupan Serat
Serat bisa membantu untuk memperlambat pencernaan dan penyerapan gula kedalam tubuh, sehingga dapat membantu untuk mengurangi lonjakan kadar gula darah dan juga meningkatkan
kontrol gula darah tubuh secara keseluruhan. Adanya dua jenis serat yaitu serat larut dan tidak larut. Tetapi yang telah terbukti efektif dapat menurunkan kadar gula darah adalah serat larut.
Adanya beberapa sumber makanan tinggi serat yang bisa dipilih seperti sayuran, buah buahan, kacang kacangan, dan juga biji bijian.

4. Dengan Minum Air Putih
Dengan cukup minum air putih juga ternyata dapat menurunkan kadar gula darah, pasalnya air putih ini dapat membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu juga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urine. Adanya sebuah penelitian yang menunjukkan jika mereka yang minum air putih lebih banyak memiliki resiko rendah untuk mengalami meningkatnya kadar gula darah. Pasalnya dengan mengkonsumsi air putih secara teratur maka akan dapat membantu menghidrasi darah, menurunkan kadar gula, dan juga mengurangi resiko diabetes.

5. Dengan Mengontrol Porsi Makan
Ketika kamu mengontrol porsi makan maka akan dapat membantu kamu untuk mengatur asupan kalori dan juga sekaligus dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Dan hasilnya akan terkontrolnya kadar gula darah dan terbukti dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Selain itu masih ada cara mudah dan efektif lainnya untuk menurunkan kadar gula darah yaitu dengan mengontrol tingkat stress. Kamu harus tahu jika stress ini dapat mempengaruhi kadar gula darah, oleh karena itu kamu harus mengontrol tingkat stressmu jika ingin menurunnya kadar gula darah dalam tubuhmu. Ketika stress, tubuhmu akan menghasilkan hormone glucagon dan kortisol lebih banyak, sehingga dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here