Beranda Olahraga Inilah Penampilan Para Pelatih Sepakbola Terkemuka Saat Muda

Inilah Penampilan Para Pelatih Sepakbola Terkemuka Saat Muda

101
0
Man. United memberikan penghargaan kepada Arsene Wenger pada laga terakhir untuk Wenger memimpin The Gunners melawan The Red Devils sebelum pensiun (Foto: Getty Images)

Siapa penggemar sepakbola yang tidak mengenal nama Luis Enrique, Arsene Wenger, Mourinho atau Pep Guardiola. Siapa penggemar yang tidak tahu nama Alex Ferguson yang mendapat gelar Sir sebagai penghormatan kepadanya yang berjasa bagi sepakbola Inggris. Nama-nama populer itu memiliki masa lalu yang menarik, termasuk pada sisi penampilan.

Berikut Ini Penampilan Para Pelatih Sepakbola Terkemuka Saat Muda

1. Arsene Wenger

Arsene Wenger adalah salah satu pelatih terlama yang bekerja di satu klub di Inggris: Arsenal. Siapa sangka kalau Wenger pernah berambut gondrong. Wenger kini adalah wenger yang necis, rapi dan berbungkus jas. Tapi sebelum di Arsenal, Wenger punya gaya rambut yang berbeda dengan gaya rambut kini yang rapi. Wenger yang kini berambut pendek, dulu pernah memangjangkan rambut.

2. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson saat membela Glasgow Rangers (Foto: thesefootballtimes.co)

Sir Alex Ferguson yang dikenal dengan sebutan Fergie ini adalah salah satu pelatih paling berprestasi sepanjang masa. Saat melatih Manchester United, Fergie melakoni 1.500 laga dengan 895 kemenangan, 338 seri dan 267 kekalahan. Legenda ini memulai karir sebagai pemain di sebuah klub Queens Park, Skotlandia ini mengakhiri karir dalam dunia sepakbola pada tahun 2013 setelah menekuni karir sebagai pelatih di MU sejak tahun 1986.
ferguson muda

Fergie sebagai pelatih adalah sosok kharismatik. Stelan Jas menjadi ciri khas Fergie dalam sebagian besar pertandingan yang didampinginya di MU. Gaya rambut pelatih ini tidak banyak berubah dari waktu ke waktu sejak menjadi pemain, hingga pensiun sebagai pelatih MU.

3. Josep (Pep) Guardiola

Pep Guardiola muda saat melakukan debut di tim utama pada 1990 melawan Cadiz (Foto: dailymail.co.uk)

Banyak yang meragukan karir Pep saat pertama kali menangani skuad utama Barcelona. Pep adalah legenda hidup Barcelona sebagai pemain sekaligus pelatih. Dipercaya naik tingkat dari pelatih Barcelona B ke tim utama Barcelona, Pep membuktikan kapasitasnya sebagai seorang peracik strategi. Hal itu kembali dibuktikannya saat melatih Bayern Muenchen dan Manchester City.

Sebagai pemain, pep dikenal sebagai pemain belakang cemerlang. Selama karirnya bersama Barcelona, ia memenangkan 6 gelar La Liga, 2 Copa Del Rey, 4 Piala Super Spanyol, 1 Piala Winners UEFA dan 2 Piala Super UEFA. Karir Pep di Barcelona selesai saat ia memutuskan hengkang ke Brescia dan kemudian ke AS Roma setelah beberapa tahun bermain untuk Barcelona.

4. Jose Mourinho

Jose Mourinho ketika menjadi asisten Louis van Gaal di FC Barcelona (Photo: Offside / MarcaMedia)

Penggemar Mourinho tidak banyak yang mengetahui pernah menjadi bagian dari Barcelona. Pelatih fenomenal yang menyebut dirinya sebagai “the special one” dan kemudian menjadi “the happy one” ini pernah menjadi asisten Louis Van Gaal saat masih melatih Barcelona pada tahun 1996-2000. Namanya saat itu tidak terlalu terkenal.

Nama Mourinho terangkat setelah berhasil membawa Porto menjadi juara liga sekaligus Juara Liga Champion pada tahun 2005. Keberhasilan Mou ini mengangkat namanya yang kemudia pindah ke Chelsea dan memenangkan Liga Inggris dua kali: 2005-2006. Keberhasilannya diteruskan ketika melatih Inter Milan dengan keberhasilannya memenangkan Liga Champion. Malang bagi Mou, ia berkarir di Spanyol saat Barcelona sedang berada pada permainan terbaiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here